Parepare, – Maupa.id – Perusahaan Air Minum (PAM) Tirta Karajae Parepare melakukan revitalisasi di beberapa titik sumber mata air. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan kelancaran distribusi air bersih ke seluruh lapisan masyarakat Parepare. Terlebih di bulan Ramadhan kemarin permintaan air minum kian meningkat.
Revitalisasi dilakukan dalam bentuk pembersihan pompa dan pipa hisap sumur dalam P-9A Lapadde yang terletak di Jl. Lingkar Lapadde, Kota Parepare. Kegiatan pembersihkan ini dilakukan oleh Tim Produksi dan Pengolahan PAM Tirta Karajae Kota Parepare didampungi langsung Assisten Manager Produksi dan Pengolahan, Piter Tote Bubun.
Proses perawatan sumur dalam dilakukan untuk menjaga kualitas air bersih sekaligus mengefektifkan pemanfaatan air bawah tanah. Sumur Dalam P-9 A yang berada di Lapadde ini memiliki Kapasitas terpasang 10 Liter/detik. Sebagaimana diketahui, sumur ini menjadi satu dari 13 sumur air bawah tanah yang digunakan untuk mendistribusikan air bersih ke rumah-rumah warga dan fasilitas umum di Kota Parepare.

Revitalisasi juga dilakukan di Sumber Air Baku Embung Marilaleng yang terletak di wilayah Bilalange, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare. Tim PAM Tirta Karajae melakukan kerja bakti pembersihan di sekitar lokasi embung. Rencananya reservoar tersebut akan dibangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan menjadi bak penampungan yang berhubungan langsung dengan Sumber Air Baku Embung Marilaleng. Ini untuk mengoptimalkan penggunaan embung sebagai tempat menampung air bersih sekaligus menjaga kualitas air tetap bersih dan layak dikonsumsi masyarakat sekitar.
Selain itu, untuk mengoptimalkan pelayanan, PAM Tirta Karajae juga melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kinerja dan produktivitas pegawai dengan melaksanakan workshop dan evaluasi personalia di awal tahun kemarin (13/1). Sebagaimana disampaikan Direktur PAM Tirta Karajae, Andi Firdaus Djollong.
“Kegiatan ini sebagai sarana untuk melakukan introspeksi serta merencanakan langkah-langkah perbaikan kedepannya, guna menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif dan harmonis serta diharapkan dapat memperkuat sinergi antar pegawai dan memotivasi setiap individu untuk terus berkembang dalam kapasitasnya,” ujarnya.
Adapun untuk mempermudah pelanggan menyampaikan keluhan terkait distribusi air, PAM Tirta Karajae membuka kolom keluhan di situs resminya. Atau juga bisa melalui sosial media instagram dan nomor telepon kantor PAM Parepare.
Penulis: Azwar Radhif
Editor: Muhammad Fauzy Ramadhan